Trotoar

Trotoar merupakan areal yang digunakan oleh pejalan kaki, umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan jalan demi kenyamanan dan keamanan pejalan kaki. Trotoar secara umum ada didaerah perkotaan yang kepadatan penduduknya cukup tinggi. Tapi apakah itu berfungsi sebagai apa yang diharapkan ?

Sering kali pejalan kaki harus turun kejalan kemudian naik kembali ke trotoar hanya karena menghindari oknum pedagang yang jualan diatas trotoar. Malahan yang lebih fatal lagi beberapa oknum pengendara sepeda motor dengan santainya naik diatas trotoar untuk menghindari macet sehingga lebih cepat sampai di ujung. Kalau sudah demikian pejalan kaki hanya dapat geleng – geleng kepala.

Trotoar yang misi utamanya dipergunakan sebagai pejalan kaki telah beralih fungsi sebagai jalur alternatif menghindari kemacetan , warung dadakan bahkan ada yang menggunakan sebagai tempat untuk memarkir kendaraan. Memang di era yang serba maju semua berlomba untuk melihat peluang sekecil apapun, termasuk melihat trotoar sebagai lahan yang strategis.

Kesadaran akan mempergunakan sarana umum sesuai peruntukannya nampaknya sudah semakin tipis karena terlindas cepatnya roda kehidupan. Peran pihak yang terkait seharusnya mampu untuk meniadakan hal tersebut. Namun demikian seperti komentar seorang Narablog Β kenapa kita pura – pura tidak melihat hal tersebut ?

Iklan

About Pandu

Goresan sebuah pena dalam kanfas kehidupan Lihat semua pos milik Pandu

28 responses to “Trotoar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: